Skip to main content

Taman Husada Graha Famili



Indonesia memiliki kurang lebih 35.000 jenis tanaman atau sekitar 10% dari jumlah jenis tanaman di dunia. Namun hanya 1.000 jenis tanaman yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk upaya penyembuhan dan pencegahan suatu penyakit, peningkatan daya tahan, dan pengembalian kesegaran tubuh.




Saat ini trend pengobatan masyarakat mengarah pada bahan alam (back to nature). Hampir 80% penduduk dunia memilih produk herbal untuk mengobati penyakit yang diderita. Kondisi ini dapat memicu terjadinya pengambilan tanaman secara liar. Keanekaragaman hayati di Indonesia telah dan sedang mengalami proses degradasi pada tingkat yang mengkhawatirkan. Upaya konservasi tumbuhan merupakan harga mati sebagai upaya menjaga warisan anak cucu.



Universitas Airlangga melalui Fakultas Sains dan Teknologi, bersinergi dengan PT. Intiland Development Tbk, dalam upaya konservasi tumbuhan obat dengan konsep botanical garden. Sinergi ini diwujudkan dalam "Taman Husada Graha Famili", sebagai bentuk kontribusi dalam bidang edukasi dan konservasi tumbuhan obat.

Comments

Popular posts from this blog

What is a Vacuum Headache?

When taking part in any activity involving a change in altitude, you will need to take precautions to prevent vacuum headaches. Whether you are flying or diving, a vacuum headache can quickly turn an enjoyable vacation or trip into a painful experience.

Working Abroad as a Research Scientist Intern in Kumamoto - Japan

Have you ever thought, while you are still in high school, about working as a research scientist intern abroad and traveling at the same time?

Sebuah Kontemplasi Dibalik Mitokondria

Sebuah pepatah mengungkapkan bahwa kasih ibu adalah sepanjang masa. Bagaimana pembuktian ilmiahnya?
Mitokondria (sering dijuluki the power house of cell) adalah salah satu organel sel tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel makhluk hidup, selain fungsi seluler lain seperti metabolisme asam lemak, biosintesis pirimidin, homeostasis kalsium, transduksi sinyal seluler, dan penghasil energi berupa adenosin trifosfat (ATP) pada katabolisme. Setiap sel memiliki hingga ratusan mitokondria. Organel sel ini memiliki keunikan karena dapat melakukan replikasi sendiri (self replicating) seperti sel bakteri.
Mitokondria memiliki DNA tersendiri, yang dikenal sebagai mtDNA (mitochondrial DNA). DNA mitokondria manusia berukuran 16.569 pasang basa, terdapat dalam matriks mitokondria, berbentuk sirkuler, memiliki untai ganda [terdiri dari untai heavy (H) dan light (L)], dan tidak terlindungi membran. Ukuran DNA mitokondria pada masing-masing makhluk hidup beraneka ragam, misalnya green monkey me…