Skip to main content

Alam Semesta Berbentuk Terompet

”Dan kami tiup di dalam terompet, itulah hari yang dijanjikan”
(Q.S. Qaaf [50]: 20)



Selain dalam Surat Qaaf (50) ayat 20, ayat tentang tiupan terompet banyak terdapat dalam Al-Quran. Misalnya dalam Az-Zumar (39) ayat 68, ”Dan Kami tiup di dalam terompet maka matilah siapapun yang ada di langit dan di Bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian kami tiup di dalamnya lagi maka jadilah mereka bangun dan melihat”. Lalu Surat Al-Kahfi (18) ayat 99, ”Dan kami tiup didalam terompet, maka mereka pun dikumpulkan seluruhnya”, Atau Surat Yaasin (36) ayat 51 ”Dan kami tiup didalam terompet maka jadilah mereka bangun dari kubur menuju Tuhan mereka”.

Dalam semua kitab tafsir, tiupan terompet di ayat-ayat tadi selalu diartikan sebagai peristiwa hari Kiamat. Dr. Wahhab az-Zuhaily dalam Tafsir Al Wasith menguraikan bahwa tiupan terompet di hari kiamat itu 3 kali, Pertama, tiupan itu yang menggentarkan, lalu kedua yang mematikan seketika seluruh mahluk, dan yang ketiga adalah mulainya hari kiamat, ketika semuanya dibangkitkan dan dikumpulkan.

Ada hadis menarik, Abu Hurairah r.a. menyebutkan bahwa asshuur, terompet, dalam ayat tadi berbentuk tanduk besar yang ditiup 3 kali di hari kiamat. Kemudian dalam kitab Al-Mufradat karangan Raghib al-Isfahany, as-shuur bisa juga gambar atau mantra. Kalau kita cermati, Al-Quran menyebutkan bahwa tiupan ini selalu ”di dalam” terompet, wanufikha fi-shshuuri. Mengapa terompet? Mengapa di dalam?
Frank Steiner, ilmuwan University of Ulm Germany, mengamati pola titik-titik panas dan dingin radiasi microwave kosmik, yang bisa menggambarkan bentuk alam semesta 380.000 tahun setelah Big Bang. Projek Wilkinson Microwave Anisotropy Probe dari NASA membuat peta titik-titik tadi secara mendetail. hasilnya ialah pola itu kecenderungan memudar, yakni tidak ada titik panas dan dingin yang tampak melebihi jarak 60 derajat. Ini menyimpulkan bahwa ketika mengembang, alam semesta terulur panjang sempit di awal dan kemudian makin lebar seperti corong. Mirip bentuk teropet pada abad pertengahan, selama ini alam semesta dianggap seperti bola.

Akhirya, Frank Steiner dan kelompoknya bahwa alam semesta bukanlah bola, tetapi berbentuk terompet. Alam semesta bukan luas tak terbatas tapi dibatasi oleh ujung terompet. Jadi, alam ada awal dan akhirnya. Ketika seseorang menjelajah terus-menerus ke ujung alam yakni ke bibir terompet, dia akan membalik ke sisi seberang dan kembali ke awal.

Comments

  1. hello, saya telah menulis komentar di posting sebelumnya, aku melihat blog, terlihat sangat terpelajar pemuda! Saya mengajar biologi, kimia dan ilmu bumi, saya pikir ini akan menjadi baik biologist! silvana, Italia

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you!

Popular posts from this blog

Belajar Dari Laron

Allah SWT menciptakan makhlukNya dan menata alam semesta dengan begitu sempurna.

Percobaan Ingenhousz - Fotosintesis

Tujuan :   Untuk membuktikan adanya gas oksigen sebagai hasil proses fotosintesis.   Untuk mengetahui pengaruh suhu, intensitas cahaya, dan NaHCO 3 terhadap kecepatan proses fotosintesis.

Air Tawar di Laut Asin

”Dan Dia yang menjadikan dua laut, yang satu asin dan pahit rasanya, dan yang lain tawar manis rasanya. Dan dijadikan-Nya dinding pemisah antara keduanya.” (Q.S. Al Furqan 25: 53) B ila kita naik mobil dari Bandara King Abdul Aziz menuju pusat kota Jeddah, Saudi Arabia. Kira-kira di setengah perjalanan di sebelah kanan tepi Laut Merah akan tampak pipa-pipa menjulang tinggi mengeluarkan asap. Itu merupakan pabrik instalasi penyullingan air laut untuk memasok kebutuhan air tawar sejumlah 38.000 m3 per hari bagi penduduk kota Jeddah. Dalam Arab News, 11 Juli 2004, ada ulasan tentang instalasi penyulingan air laut tadi. Para insinyur khawatir kalau terjadi sabotase atau serangan teroris terhadap instalasi ini berarti bencana kehausan bagi kota Jeddah. Seorang wanita ahli teknik bernama Dr. Amal al-Iraqi di Sauri Arabia, yang menjabat direktur perusahaan Nafia Water, mengusulkan alternatif yang sesuai dengan isyarat dalam Al Quran Surat Al Furqan (25) ayat 53, yakni mengambilair dari sumbe