Skip to main content

Kuliah itu Sangat Membosankan!

Kuliah? Pasti yang ada dibenak kita adalah bosan!
Saya tidak menyangkal, tapi tidak sepenuhnya benar. Saya menjalani kuliah strata 1 selama 4 tahun atau 8 semester, kebosanan mulai muncul diakhir semester 6. Ketika itu saya sangat sibuk di laboratorium untuk melakukan penelitian skripsi, selama 1 semester jadwal hanya berkutat di kelas dan lab. Bosan? Pasti! Akhirnya saya berpikir keras mencari solusi bagaimana menghilangkan rasa bosan yang sudah tidak bisa teredam.

Semester 7 hampir dimulai, saya mendapatkan info tentang AMERTA. Pernahkah diantara anda mengenal AMERTA? Tentu kata AMERTA tidak asing lagi bagi segenap civitas akademika Universitas Airlangga, yang berarti simbol semangat untuk hidup yang abadi. AMERTA resmi dimulai pada Tahun Ajaran 2014 Semester Ganjil, AMERTA adalah Academic Mobility Exchange for Undergraduate at Airlangga. Berkiblat pada visi Universitas Airlangga, menuju world class university, Universitas Airlangga mencoba meningkatkan kualitas layanan pendidikan yang ditawarkan kepada mahasiswa asing untuk menempuh studi di Universitas Airlangga. AMERTA merupakan program kelas internasional dengan mata kuliah tertentu yang disiapkan dengan Bahasa Inggris sebagai Bahasa pengantarnya. AMERTA juga dibuka untuk mahasiswa lokal, program yang ditawarkan menurut saya sangat menarik, kita bisa mengambil mata kuliah lintas fakultas.

Pada AMERTA Batch 3, saya menjatuhkan pilihan pada mata kuliah Indonesian Traditional Medicine dan Zoonosis, sedangkan mata kuliah Exotic Animal and Wildlife Medicine saya ambil di Batch 4 atau ketika semester 8. Saking asyiknya, saya ikut AMERTA selama 2 semester. Sebenarnya saya masih merasa kurang karena belum sempat mengambil mata kuliah yang lain misalnya Phytochemistry of Tropical Nature Product, Epidemiology of Non-Communicable Disease, Tropical Medicine karena saya masih ambil kuliah di kelas reguler. Program ini sangat menarik, saya bisa memiliki banyak teman dari berbagai negara melalui program ini, misalnya Malaysia, Filipina, Vietnam, Kamboja, dan lain-lain. Selain itu, setiap mata kuliah yang tersedia pasti memiliki field trip, jadi akan terasa tidak membosankan dikelas. Bahkan beberapa kuliah aktivitasnya banyak di lab dengan teknologi yang advanced. GREAT!


AMERTA (Academic Mobility Exchange for Undergraduate at Airlangga)

Berikut adalah momen-momen pada AMERTA Batch 3 dan 4 yang dapat saya abadikan di blog ini:


2nd International Symposium on Traditional and Alternative Medicine (ISTAM)
Griya Herba Jamu IBOE
Pertemuan terakhir mata kuliah Indonesian Traditional Medicine di Fakultas Farmasi

Field trip mata kuliah Indonesian Traditional Medicine di Madura, pembuatan jamu madura

Field trip mata kuliah Indonesian Traditional Medicine di Madura
Main gate Masjid Agus Sumenep, field trip mata kuliah Indonesian Traditional Medicine di Madura
AMERTA UNAIR
Field trip mata kuliah Exotic Animal and Wildlife Medicine di Taman Nasional Baluran

Savanna Bekol di Taman Nasional Baluran

Savanna Bekol di Taman Nasional Baluran
Snorkeling di Pantai Bama, Taman Nasional Baluran
Snorkeling di Pantai Bama, Taman Nasional Baluran

Savanna Bekol di Taman Nasional Baluran
Polypedates leucomystax atau katak pohon di Pantai Bama, Taman Nasional Baluran
Cultural night bersama mahasiswa Malaysia

Closing AMERTA Batch 4, saya dengan Dian Ekowati, Ph.D. (Ketua IOP Universitas Airlangga)
Saya sempat juga diwawancarai oleh media internal Universitas Airlangga, ketika itu masih mengikuti AMERTA Batch 3. Berikut penggalan artikelnya dan link untuk artikel tersebut:

Artikel lengkap: unair.ac.id/ajak-mahasiswa-asing-promosikan-unair-ke-negara-asal-newsmaker_107.html
Setiap mahasiswa memiliki caranya sendiri yang unik untuk mengatasi kebosanan yang melanda saat menempuh kuliah, ini adalah cara saya, bagaimana dengan caramu?

Comments

Popular posts from this blog

What is a Vacuum Headache?

When taking part in any activity involving a change in altitude, you will need to take precautions to prevent vacuum headaches. Whether you are flying or diving, a vacuum headache can quickly turn an enjoyable vacation or trip into a painful experience.

Working Abroad as a Research Scientist Intern in Kumamoto - Japan

Have you ever thought, while you are still in high school, about working as a research scientist intern abroad and traveling at the same time?

Sebuah Kontemplasi Dibalik Mitokondria

Sebuah pepatah mengungkapkan bahwa kasih ibu adalah sepanjang masa. Bagaimana pembuktian ilmiahnya?
Mitokondria (sering dijuluki the power house of cell) adalah salah satu organel sel tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel makhluk hidup, selain fungsi seluler lain seperti metabolisme asam lemak, biosintesis pirimidin, homeostasis kalsium, transduksi sinyal seluler, dan penghasil energi berupa adenosin trifosfat (ATP) pada katabolisme. Setiap sel memiliki hingga ratusan mitokondria. Organel sel ini memiliki keunikan karena dapat melakukan replikasi sendiri (self replicating) seperti sel bakteri.
Mitokondria memiliki DNA tersendiri, yang dikenal sebagai mtDNA (mitochondrial DNA). DNA mitokondria manusia berukuran 16.569 pasang basa, terdapat dalam matriks mitokondria, berbentuk sirkuler, memiliki untai ganda [terdiri dari untai heavy (H) dan light (L)], dan tidak terlindungi membran. Ukuran DNA mitokondria pada masing-masing makhluk hidup beraneka ragam, misalnya green monkey me…