Skip to main content

Kuliah itu Sangat Membosankan!

Kuliah? Pasti yang ada dibenak kita adalah bosan!
Saya tidak menyangkal, tapi tidak sepenuhnya benar. Saya menjalani kuliah strata 1 selama 4 tahun atau 8 semester, kebosanan mulai muncul diakhir semester 6. Ketika itu saya sangat sibuk di laboratorium untuk melakukan penelitian skripsi, selama 1 semester jadwal hanya berkutat di kelas dan lab. Bosan? Pasti! Akhirnya saya berpikir keras mencari solusi bagaimana menghilangkan rasa bosan yang sudah tidak bisa teredam.

Semester 7 hampir dimulai, saya mendapatkan info tentang AMERTA. Pernahkah diantara anda mengenal AMERTA? Tentu kata AMERTA tidak asing lagi bagi segenap civitas akademika Universitas Airlangga, yang berarti simbol semangat untuk hidup yang abadi. AMERTA resmi dimulai pada Tahun Ajaran 2014 Semester Ganjil, AMERTA adalah Academic Mobility Exchange for Undergraduate at Airlangga. Berkiblat pada visi Universitas Airlangga, menuju world class university, Universitas Airlangga mencoba meningkatkan kualitas layanan pendidikan yang ditawarkan kepada mahasiswa asing untuk menempuh studi di Universitas Airlangga. AMERTA merupakan program kelas internasional dengan mata kuliah tertentu yang disiapkan dengan Bahasa Inggris sebagai Bahasa pengantarnya. AMERTA juga dibuka untuk mahasiswa lokal, program yang ditawarkan menurut saya sangat menarik, kita bisa mengambil mata kuliah lintas fakultas.

Pada AMERTA Batch 3, saya menjatuhkan pilihan pada mata kuliah Indonesian Traditional Medicine dan Zoonosis, sedangkan mata kuliah Exotic Animal and Wildlife Medicine saya ambil di Batch 4 atau ketika semester 8. Saking asyiknya, saya ikut AMERTA selama 2 semester. Sebenarnya saya masih merasa kurang karena belum sempat mengambil mata kuliah yang lain misalnya Phytochemistry of Tropical Nature Product, Epidemiology of Non-Communicable Disease, Tropical Medicine karena saya masih ambil kuliah di kelas reguler. Program ini sangat menarik, saya bisa memiliki banyak teman dari berbagai negara melalui program ini, misalnya Malaysia, Filipina, Vietnam, Kamboja, dan lain-lain. Selain itu, setiap mata kuliah yang tersedia pasti memiliki field trip, jadi akan terasa tidak membosankan dikelas. Bahkan beberapa kuliah aktivitasnya banyak di lab dengan teknologi yang advanced. GREAT!


AMERTA (Academic Mobility Exchange for Undergraduate at Airlangga)

Berikut adalah momen-momen pada AMERTA Batch 3 dan 4 yang dapat saya abadikan di blog ini:


2nd International Symposium on Traditional and Alternative Medicine (ISTAM)
Griya Herba Jamu IBOE
Pertemuan terakhir mata kuliah Indonesian Traditional Medicine di Fakultas Farmasi

Field trip mata kuliah Indonesian Traditional Medicine di Madura, pembuatan jamu madura

Field trip mata kuliah Indonesian Traditional Medicine di Madura
Main gate Masjid Agus Sumenep, field trip mata kuliah Indonesian Traditional Medicine di Madura
AMERTA UNAIR
Field trip mata kuliah Exotic Animal and Wildlife Medicine di Taman Nasional Baluran

Savanna Bekol di Taman Nasional Baluran

Savanna Bekol di Taman Nasional Baluran
Snorkeling di Pantai Bama, Taman Nasional Baluran
Snorkeling di Pantai Bama, Taman Nasional Baluran

Savanna Bekol di Taman Nasional Baluran
Polypedates leucomystax atau katak pohon di Pantai Bama, Taman Nasional Baluran
Cultural night bersama mahasiswa Malaysia

Closing AMERTA Batch 4, saya dengan Dian Ekowati, Ph.D. (Ketua IOP Universitas Airlangga)
Saya sempat juga diwawancarai oleh media internal Universitas Airlangga, ketika itu masih mengikuti AMERTA Batch 3. Berikut penggalan artikelnya dan link untuk artikel tersebut:

Artikel lengkap: unair.ac.id/ajak-mahasiswa-asing-promosikan-unair-ke-negara-asal-newsmaker_107.html
Setiap mahasiswa memiliki caranya sendiri yang unik untuk mengatasi kebosanan yang melanda saat menempuh kuliah, ini adalah cara saya, bagaimana dengan caramu?

Comments

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you!

Popular posts from this blog

Percobaan Ingenhousz - Fotosintesis

Tujuan :   Untuk membuktikan adanya gas oksigen sebagai hasil proses fotosintesis.   Untuk mengetahui pengaruh suhu, intensitas cahaya, dan NaHCO 3 terhadap kecepatan proses fotosintesis.

Belajar Dari Laron

Allah SWT menciptakan makhlukNya dan menata alam semesta dengan begitu sempurna.

Air Tawar di Laut Asin

”Dan Dia yang menjadikan dua laut, yang satu asin dan pahit rasanya, dan yang lain tawar manis rasanya. Dan dijadikan-Nya dinding pemisah antara keduanya.” (Q.S. Al Furqan 25: 53) B ila kita naik mobil dari Bandara King Abdul Aziz menuju pusat kota Jeddah, Saudi Arabia. Kira-kira di setengah perjalanan di sebelah kanan tepi Laut Merah akan tampak pipa-pipa menjulang tinggi mengeluarkan asap. Itu merupakan pabrik instalasi penyullingan air laut untuk memasok kebutuhan air tawar sejumlah 38.000 m3 per hari bagi penduduk kota Jeddah. Dalam Arab News, 11 Juli 2004, ada ulasan tentang instalasi penyulingan air laut tadi. Para insinyur khawatir kalau terjadi sabotase atau serangan teroris terhadap instalasi ini berarti bencana kehausan bagi kota Jeddah. Seorang wanita ahli teknik bernama Dr. Amal al-Iraqi di Sauri Arabia, yang menjabat direktur perusahaan Nafia Water, mengusulkan alternatif yang sesuai dengan isyarat dalam Al Quran Surat Al Furqan (25) ayat 53, yakni mengambilair dari sumbe